Contoh Source Code PHP Aplikasi CRUD Dengan PDO

Sedot code - Contoh Source Code PHP Aplikasi CRUD Dengan PDO, extention mysql akan segera di hapus didalam php, kita bisa beralih ke mysqli atau PDO, bagi sobat yang terlanjur dengan mysql query maka harus segera move on ke mysqli atau PDO. PHP mulai menyediakan PDO extension sejak versi 5.1 keatas.

Contoh Source Code PHP Aplikasi CRUD Dengan PDO
www.phpgang.com

Contoh Source Code PHP Aplikasi CRUD Dengan PDO
www.codingcage.com 

Pengertian PDO (PHP Data Objects)


Di kutip dari duniailkom, PDO (PHP Data Objects) adalah interface universal yang disediakan PHP untuk “berkomunikasi” dengan database server. Maksud istilah “interface universal” disini adalah bahwa PDO tidak terikat dengan aplikasi database tertentu. Apabila saat ini kita menggunakan database MySQL dan dikemudian hari ingin bermigrasi menggunakan PostgreSQL, kita hanya tinggal mengganti cara pemanggilan awal PDO dan seluruh kode program yang ada bisa langsung digunakan untuk database baru.

Secara teknis, apabila menggunakan mysql atau mysqli extension, PHP langsung berhubungan dengan MySQL Server, tetapi jika menggunakan PDO, ia tidak berhubungan langsung dengan database, tetapi hanya sebagai “interface”.

Mysql extension atau mysqli extension hanya bisa bekerja dengan database MySQL. Karena alasan inilah banyak sebaiknya kita mulai beralih menggunakan PDO dibandingkan mysqli.

Konsep PDO

PHP PDO –> Database Driver –> Database Server

PDO bekerja dengan metode yang disebut “data-access abstraction layer”. Artinya, apapun jenis database server yang digunakan, kode PHP yang ditulis akan tetap sama. PDO menyediakan “abstraction layer” untuk berkomunikasi dengan database server.

Jenis Database Server yang didukung PDO


Hingga saat ini (PHP versi 5.6) PDO mendukung setidaknya 12 jenis Interface/Database Server, selengkapnya http://php.net/manual/en/pdo.drivers.php:

  • CUBRID
  • MS SQL Server
  • Firebird
  • IBM
  • Informix
  • MySQL
  • MS SQL Server
  • Oracle
  • ODBC and DB2
  • PostgreSQL
  • SQLite
  • 4D


Cara Mengaktifkan PDO 


Untuk melihat driver database apa saja yang telah aktif dan bisa langsung digunakan, bisa menggunakan fungsi (lebih tepatnya: static method) PDO::getAvailableDrivers():

<?php
   print_r(PDO::getAvailableDrivers());
?>
Buat sebuah file php, simpan didalam sub folder htdoc(xampp), pastekan kode di atas, hasilnya kurang lebih seperti ini. PHP 5.6 bawaan XAMPP:
Array ( [0] => mysql [1] => sqlite )
Masih bingung? begini sobat, buat sebuah file, asumsikan nama filenya pdo.php, pastekan kode di <?php  print_r(PDO::getAvailableDrivers()); ?>, simpan didalam folder , anggap saja nama foldernya pdo juga. lengkapnya C:\xampp\htdocs\pdo\pdo.php. cara aksesnya buka browser(chrome/firefox) ketik localhost/pdo.

Cara di atas hanya untuk mengetahui apakah extention PDO sudah aktif atau belum


Begini cara aktifkan pdo 


Untuk mengaktifkan PDO Caranya adalah mengubah setingan php.ini. Di komputer saya lokasinya C:\xampp\php\php.ini. Buka dengan text editor( Sublime / notepad ++ ) , lihat pada baris ke-1010, Untuk mengaktifkannya, silahkan hapus tanda titik koma (;) dari awal baris nama driver yang ingin digunakan.

Contoh Source Code PHP Aplikasi CRUD Dengan PDO


Keterangan:
Aplikasi ini menggunakan native php, bukan framework,
-CRUD(Create,Read,Update,Delete PDO OOP System)
-Login With PDO System
-Session Login PDO System
-Clean Code
-GUI Bootstrap with AdminLTE

Untuk mendownload silahkan dimari. Jangan lupa lihat dan pelajari source code Login & register System php OOP

Sumber: http://www.duniailkom.com/tutorial-php-mysql-pengertian-pdo-dan-cara-mengaktifkan-pdo-php-data-objects/

Pemilik source: https://www.facebook.com/v.attacx?fref=nf

Saya hanya seorang blogger beginner, me-manage beberapa blog blogger dan wordpress.

Mohon Perhatian Sobat!
Rule:
JANGAN SPAM
EmoticonEmoticon