Source code aplikasi sistem pakar menggunakan codeigniter

Source code aplikasi sistem pakar menggunakan codeigniter, sedot code ingin share sebuah aplikasi dengan codeigniter yang membahas tentang sispak. Jika belum tahu apa itu sistem pakar, silahkan simak.
Source code aplikasi sistem pakar menggunakan codeigniter
Login Page
Source code aplikasi sistem pakar menggunakan codeigniter

Source code aplikasi sistem pakar menggunakan codeigniter


Sistem Pakar(dalam bahasa Inggris :expert system) adalah sistem informasi yang berisi dengan pengetahuan dari pakar sehingga dapat digunakan untuk konsultasi. Pengetahuan dari pakar di dalam sistem ini digunakan sebagi dasar oleh Sistem Pakar untuk menjawab pertanyaan (konsultasi).
Kepakaran (expertise) adalah pengetahuan yang ekstensif dan spesifik yang diperoleh melalui rangkaian pelatihan, membaca, dan pengalaman.

Pengetahuan membuat pakar dapat mengambil keputusan secara lebih baik dan lebih cepat daripada non-pakar dalam memecahkan problem yang kompleks. Kepakaran mempunyai sifat berjenjang, pakar top memiliki pengetahuan lebih banyak daripada pakar yunior. Tujuan Sistem Pakar adalah untuk mentransfer kepakaran dari seorang pakar ke komputer, kemudian ke orang lain (yang bukan pakar).

Sistem pakar adalah suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial selama 1980-an. Bentuk umum sistem pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan suatu set aturan yang menganalisis informasi (biasanya diberikan oleh pengguna suatu sistem) mengenai suatu kelas masalah spesifik serta analisis matematis dari masalah tersebut. Tergantung dari desainnya, sistem pakar juga mampu merekomendasikan suatu rangkaian tindakan pengguna untuk dapat menerapkan koreksi. Sistem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran untuk mencapai suatu simpulan.

https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pakar

Pada artikel sebelumnya sedot code juga share sebuah aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit ayam dengan php berbasis website

Sistem ini dibuat dengan menggunakan NoCMS, yang pada saat sistem ini dibuat, masih menggunakan Codeigniter 2. Untuk operasi CRUDnya, menggunakan GroceryCRUD, yang sudah disediakan sepaket dengan NoCMS. Sistem ini mempunyai 2 hak akses, yaitu admin dan pasien.

Untuk menguji sistem ini, anda perlu memasukkan gejala berikut di menu analisa :
Jenis Penyakitt Gejala
 Kolitis Shigelosis– Demam Tinggi
– Menggigil
– Diare berdarah dan berlendir
– Dehidrasi
– Kram Perut
– Muntah
– Anoreksia
– Nyeri Abdominal
– Kejang
 Kolitis Tuberkulosa– Diare Berdarah
– Disentri
– Nyeri Perut Kronik
– Demam Ringan
– Diare Ringan Bercampur Darah
– Abdomen Kanan Bawah
– Penurunan Berat Badan
– Anoreksia
– Konstipasi
 Kolitis Pseudomembran– Demam
– Kram dan nyeri perut
– Diare cair yang kadang-kadang disertai darah
– Dehidrasi
– Nanah atau Lendir dalam Tinja
– Mual
 Kolitis Amebik– Demam
– Kembung
– Nyeri Perut
– Anemia
– Mual
– Demam
– Badan Lemah

Jika gejala yang dimasukkan sesuai dengan tabel diatas, maka nama penyakit dan solusi akan keluar. Sedangkan jika gejala tidak dikenali/tidak sesuai dengan tabel diatas, maka di kolom penyakit dan solusi akan keluar tulisan Silahkan Konsultasikan ke Dokter.

Sepertinya sangat cocok untuk sobat yang lagi menyelesaikan tugas akhir atau skripsi, aplikasi sistem pakar dengan php codeigniter ini dibuat oleh mas Heru Prambadi. Jadi bukan buatan kami dari sedot code. Agar tidak ada kesalah pahaman coba baca dulu tentang blog ini, atau disclaimer blog sedot code.

Jika sobat ingin mengembangkannya kembali atau untuk amati tiru modifikasi silahkan download sourcenya melalui link ini(github), atau melalui dropbox
Load disqus comments

1 komentar: