Gratis Aplikasi Ujian online berbasis php framework codeigniter

Gratis Aplikasi Ujian online berbasis php framework codeigniter, lagi-lagi sedotcode akan membagikan sebuah aplikasi ujian online yang fiturnya sudah sangat powerfull.

Di era sekarang sistem pembelajaran sudah tidak harus didalam kelas dan bertemu dengan guru secara langsung, dengan berkembangnya teknologi dibidang komputer, dengan sendirinya kita harus mengikutinya. Sama sepertinya ketika proses ujian. Dahulu kita ujian dengan cara menjawab soal soal yang ada di kertas, dan gurunya harus memeriksa jawaban secara manual. Ribet bukan?

Toko online, dulu kita harus berbelanja kepasar dan melakukan antrian dan desakan yang membuat naik darah :D, di zaman sekarang cukup dengan koneksi internet dan saldo yang banyak tentunya, kita cukup klik buy button saja, barang sampai ke rumah. Enak bukan?

Kembali ke topik ujian online (elearning system), Kami ingin reshare applikasi ujian online yang begitu bagus, baik dari segi tampilan desain, ataupun kerapian coding. Silahkan sobat download aplikasi ujian online ini dan di kembangkan lagi.

Aplikasi ini bukan buatan dari blog sedotcode, jika ada kendala kami akan berusaha memberikan waktu untuk membalas. Dengan ujian online akan banyak mendapatkan kemudahan, proses ajar mengajar ini disebut juga dengan istilah E-learning.

Sebelumnya sedotcode telah membagikan source code elearning yang tidak kalah menariknya, silahkan simak pada artikel aplikasi elearning muhdela dan scholhos.
Download Aplikasi Ujian Online dengan Codeigniter, Ajax, JSON
Gratis Aplikasi Ujian online berbasis php framework codeigniter
Codeigniter salah satu framework php yang banyak diminati oleh pengguna di indonesia, menurut penulis saja karena member dari grub codeigniter facebook lumayan banyak dan terus update, yuk simak dulu apa codeigniter itu:

CodeIgniter merupakan aplikasi sumber terbuka yang berupa framework PHP dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP. CodeIgniter memudahkan developer untuk membuat aplikasi web dengan cepat mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal. CodeIgniter dirilis pertama kali pada 28 Februari 2006. Versi stabil terakhir adalah versi 3.0.3.

Ada beberapa alasan mengapa menggunakan Framework:


  • Mempercepat dan mempermudah pembangunan sebuah aplikasi web.
  • Relatif memudahkan dalam proses maintenance karena sudah ada pola tertentu dalam sebuah framework (dengan syarat programmer mengikuti pola standar yang ada)
  • Umumnya framework menyediakan fasilitas-fasilitas yang umum dipakai sehingga kita tidak perlu membangun dari awal (misalnya validasi, ORM, pagination, multiple database, scaffolding, pengaturan session, error handling, dll
  • Lebih bebas dalam pengembangan jika dibandingkan CMS

Oke, kembali ke topik Gratis Aplikasi Ujian online berbasis php framework codeigniter, berikut adalah tampilan aplikasi php ujian online dengan codeigniter.
Gratis Aplikasi Ujian online berbasis php framework codeigniter
Login
Level user yang terdaftar :

  1. Admin, merupakan level tertinggi dari aplikasi, bisa memanej data : guru/dosen,  siswa, mata pelajaran, soal, lihat hasil ujian
  2. Guru, mempunyai akses, bisa memanage data : soal, daftar ujian, dan melihat hasil ujian
  3. Siswa, mempunya akses, bisa mengikuti ujian, sesuai dengan mata pelajaran yang ia ikuti, yang diatur oleh  level admin, dan melihat hasil ujian.

Gratis Aplikasi Ujian online berbasis php framework codeigniter
Super admin
Daftar Username & Password Demo :

NoLevelUsernamePassword
1Adminadminadmin
2Guruguru1admin123
3Siswasiswa1admin

Aplikasi Ujian online berbasis php framework codeigniter ini sudah menggunakan ajax yang sangat bagus dan ditambah dengan efek modal oleh bootstrap.
Gratis Aplikasi Ujian online berbasis php framework codeigniter
Aplikasi buatan mas nurakhwan ini memang sangat elegan dan sejuk dilihat dari sisi desainnya, namun ada beberapa query kedatabase yang masih dilakukan pada controller. Tapi ini tidak masalah ,aplikasinya berjalan lancar dan cepat. ambil source codenya di sini dropbox dan github.

Bagaimana cara install?

Sebelum kita bahas cara install, pastikan webserver dan mysql sudah aktif, caranya mudah, buka aplikasi xampp control panel dan jalankan modul apache dan mysql. Kemudian ikuti langkah berikut:
  • Silahkan sobat import database mysql terlebih dahulu
  • Silahkan sobat ekstrak terlebih dahulu file ujian online cat.zip
  • Copykan file hasil ekstrak ke dalam folder htdoc sobat.
  • Buka browser dan ketik localhost/namafoldersobat
"namafoldersobat", adalah nama folder yang ada didalam folder htdoc, bebas untuk di ubah, asal sobat tau cara mensetting configurasi dari program.

Setting configurasi codeigniter:

Bagi anda yang selama ini masih terbiasa dengan gaya pemrograman prosedural atau bukan dengan framework, mungkin anda akan sedikit kebingungan dengan codeigniter, namun anda jangan khawatir, codeigniter sendiri memiliki dokumentasi yang begitu lengkap disini.

Cara konfigurasi aplikasi ujian online, jika anda mengalami error ketika install aplikasi ini, coba perhatikan nama config base_url, cari file config.php pada folder aplication/config/config.php sesuaikan dengan nama alamat url anda.

Cara ganti nama database, jika anda membuat nama database berbeda dengan config, silahkan sesuaikan dengan config databasenya , aplication/config/database.php.

Sekian silahkan di kembangkan aplikasi ujian online download berbasis website ini, semoga bermanfaat untuk sobat sobatku sekalian.

Sumber dan programmer : http://nur-akhwan.blogspot.co.id/2015/09/download-aplikasi-ujian-online-dengan.html
Load disqus comments

1 komentar: